Langsung ke konten utama

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Kuningan/Bakalan Jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Kuningan/Bakalan Jantan dan Betina

CUCAK IJO BAKALAN \ KUNINGAN JANATAN – Dalam proses merawat burung kicauan ada beberapa tahapan yang harus di lakukan. Salah satunya yaitu membedakan burung jantan dan betina. Baik itu yang sudah dewasa maupun yang masih anakan. Yang bertujuan agar tidak menyesal saat sudah lama dipelihara ehh burung kita ternyata betina. Karena biasanya burung yang dicari untuk burung kicauan berjenis kelamin jantan, kecuali untuk lovebird burung ini walaupun betina rajin bunyi. Tetapi untuk jenis cucak ijo atau jenis cucak cucakan biasanya burung jantan yang kicaunya lebih bervariasi dan lebih rajin.
Sebelum memelihara burung cucak ijo kita harus tau dan bisa membedakan antara jantan dan betina, terutama bagi yang masih bakalan/kuningan cukup sulit. Untuk cucak ijo bakalan\kuningan jantan dan betina yang masih muda memiliki postur tubuh yang sama bentuk kepala yang sangat mirip. Suara kicau nya pun mirip sebab baru bisa ngeriwik saja keduanya sesekali ngeplong.

Namun Untuk membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina terbilang mudah , pasalnya kalau trotolan cucak ijo jantan terlihat dengan jelas dengan ciri di sekitar leher di bawah paruh atau di atas hidung ada bintik hitamnya.
 vidio : cucak ijo trotol asli alas purwo banyuwangi

Berbeda dengan cucak ijo jantan dan betina dewasa, kita bisa membedakan dengan melihat warna bagian dagu atau bagian bawah paruh dari cucak ijo. Jika di bawah dagu atau paruhnya berwarna kekuningan (kuning janur) bisa disimpulkan bahwa cucak ijo tersebut berjenis kelamin betina. Tetapi jika bulu di bagian bawah daunnya berwarna hitam bisa dipastikan bahwa cucak ijo berjenis kelamin jantan.
gbr : cucak ijo jantan dewasa

Cucak Ijo bakalan/kuningan Jantan dan Betina

Untuk membedakan bakalan/kuningan cucak ijo jantan dan betina perlu ketelitian yang lebih karena jika kita hanya membandingkan dari satu faktor saja biasanya kurang akurat hasilnya. Ada beberapa faktor yang biasa dijadikan patokan oleh para kicau mania untuk membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina yaitu biasanya dilihat dari postur, karakter (tingkah laku), suara dan fisiknya.

Tetapi disini saya hanya akan memberitahukan bagaimana cara membedakan bakalan/kuningan cucak ijo jantan dan betina dari fisiknya saja karena untuk melihat dari sisi non fisik perlu jam terbang yang tinggi dan pengamatn yang lebih dalam. Jadi untuk para pemula lebih baik perhatikan fisiknya saja, toh ciri fisik juga sudah bisa mewakili. Berikut ini 2 ciri fisik cucak ijo jantan dan betina yang masih bakalan.

Ciri Trotolan Cucak Ijo Jantan

Cucak ijo bakalan sekitar usia 2 sampai 4 bulan bisa dilihat dari 2 ciri fisiknya. Berikut bisa diperhatikan gambar cucak ijo yang masih muda
1. Ada cincin kuning yang melingkar di sekitar matanya. Cincin pada mata yang melingkar ini berwarna kuning yang jelas (tidak pudar).

2. Bagian paruh bawah berwarna coklat atau gelap. Perhatikan gambar cucak ijo anakan dibawah




Ciri Trotolan Cucak Ijo Betina

Sedangkan pada cucak ijo anakan trotolan betina bisa dilihat dari ciri-ciri berikut :
1. Warna bagian cincin di mata lebih pudar dan kurang tegas.
gambar-bakalan-cucak-ijo-betina

2. Warna bagian bawah paruh betina berwarna pucat/putih
gambar-trotolan-cucak-ijo-betina

Selain ciri fisik di atas ada juga yang berpendapat membedakan cucak ijo bakalan jantan dan betina dengan melihat kakinya. Yaitu kaki yang nyisik atau tidak. Tetapi menurut saya ini relatif jadi perbedaannya kurang jelas, mudah-mudahan dengan 2 ciri diatas sudah bisa membedakan mana trotolan cucak ijo jantan dan betina.
Artikel lainnya : cucak ijo trotol, ciri ciri cucak ijo jantan, cara membedakan cucak ijo jantan dan betina, ciri ciri cucak ijo jantan yang masih muda, Cucak ijo trotol jantan, ciri2 cucak ijo jantan, ciri ciri cucak ijo jantan muda hutan, membedakan cucak ijo jantan dan betina, cucak ijo jantan dan betina. cucak ijo kuningan. cucak ijo bakalan. cucak ijo asli banyuwangi. cucak ijo asli alas purwo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musim cucak hijau taun ini sudah hampir berahir

slamat sore para pembaca setia tulisan kami di  cucakijobwi.blogspot.com  mohon maaf karna akhir-akhir ini kami jarang update di karenakan kesibukan dan acara2 penulis . Musim cucak hijau di banyuwangi telah rama sejak bulan juli lalu pada bulan ini bisa dikatakan panen raya krna kita akan mudah menjumpai cucak ijo di bedak2 sekitaran alas purwo . Kec tegal dlimo kab. Banyuwangi dengan harga yg berfariatif mulai dri 850.000 untuk bahan hingga 2000.000  untuk yg sudah jinak dan gacor. Dan biasanya musim ini akan berahir bulan Desember namanun di bulan oktober ini cucak hijau mulai sulit di dapat yang mengakibatkan harga kembali meroket anakan kuning (bakalan ) slut di dapat, untuk trotol jantan dah bermunculan, yg topeng jg sulit di temua kata para pemikat. Mau gk mau buat para penghobi yg ngidam cucak ijo alas purwo harus merogoh kocek sdikit lbih banyak jika menginginkan cucak ijo asli alas purwo ini .. facebook          :  toko istana kicau Nama         

LARWO ( MURAI BATU JAWA )

Larwo tidak banyak para peng hobi burung yang tau atau pernah melihat langsung Murai Batu Jenis ini dikarnakan keberadaanya yang smakin sedikit di alam, bahkan hampir di semua hutan pulau jawa sudah tidak ada, dan bisa di katakan murai jenis ini sudah langka. Disni saya akan mengulas sedikit tentang ,urai batu jawa Atau Larwo . Larwo adalah nama untuk jemis murai batu dari jawa. Nama ini khusus diberikan untuk jenis murai batu jawa tersebut sehingga menjadi keunikan tersendiri bagi jenis murai batu satu ini. Banyak yang beranggapan bahwa larwo bukanlah termasuk murai batu, namun menurut ahli burung kicauan burung larwo masih termasuk jenis burung murai batu dan satu keluarga Turdidae yang khususnya memiliki suara yang indah dan kicauan yang sangat bagus seperti murai-murai batu lainnya. Yang dari tempat habitatnya jangan dicari-cari selain di pulau jawa karena habitat tempat hidupnya hanya akan dijumpai di pulau jawa sehingga menjadi keunggulan bagi murai batu jawa yang