Langsung ke konten utama

LARWO ( MURAI BATU JAWA )


Larwo
tidak banyak para peng hobi burung yang tau atau pernah melihat langsung Murai Batu Jenis ini dikarnakan keberadaanya yang smakin sedikit di alam, bahkan hampir di semua hutan pulau jawa sudah tidak ada, dan bisa di katakan murai jenis ini sudah langka.
Disni saya akan mengulas sedikit tentang ,urai batu jawa Atau Larwo. Larwo adalah nama untuk jemis murai batu dari jawa. Nama ini khusus diberikan untuk jenis murai batu jawa tersebut sehingga menjadi keunikan tersendiri bagi jenis murai batu satu ini. Banyak yang beranggapan bahwa larwo bukanlah termasuk murai batu, namun menurut ahli burung kicauan burung larwo masih termasuk jenis burung murai batu dan satu keluarga Turdidae yang khususnya memiliki suara yang indah dan kicauan yang sangat bagus seperti murai-murai batu lainnya. Yang dari tempat habitatnya jangan dicari-cari selain di pulau jawa karena habitat tempat hidupnya hanya akan dijumpai di pulau jawa sehingga menjadi keunggulan bagi murai batu jawa yang disebut Larwo dari jenis-jenis murai batu lainnya yang mungkin bisa dijumpai di banyak daerah. Dan di jawa tinggalnya dapat dijumpai di alam bebas yakni dari Ujung Kulon sampai dengan Gunung Kidul dan beberapa tempat lainnya.

Ciri-ciri fisiknya

Larwo

Larwo atau sebutan khas burung murai batu jawa memiliki ciri-ciri fisik yang mempunyai perbedaan dengan murai batu pada umumnya diketahui. Sekilas jika dari kasat mata dilihat warnanya dari murai batu sumatera dan kalimantan tidak ada perbedaannya, namun diperhatikan lebih rinci lagi perbedaan serius dapat dilihat dengan membandingkan ukuran tubuhnya. Larwo mempunyai ukuran tubuh yang jauh lebih kecil bila disandingkan dengan murai batu sumatera dan kalimantan. Yang lainnya juga dapat menjadi pembeda dari performa ketika berkicaunya larwo, adalah bulu-bulu di kepalanya akan berdiri seperti jambul. Dan bulu dadanya berwarna hitam yang melebar hingga pangkal pahanya. Dan panjang ekornya lebih kurang dari 8-10 cm saja. Melirik suaranya, Larwo mempunyai suara yang lumayan bagus hampir sama dengan murai-murai batu lainnya namun volumenya saja yang membedakan dan variasi suara juga gak kalah dengan murai - murai yang lain jika di master sejak dari dini. dan untuk makanan harianya sama dengan murai batu umumnya yakni kroto, ulat, dan belalang.

Melihat sejarahnya dahulu, murai batu jawa atau larwo sebutan akrabnya merupakan burung ocehan yang banyak digemari burung ‘jadul’ di jawa ketika murai batu dari jenis sumatera dan kalimantan belum membanjiri pasar burung ocehan di jawa. Namun sekarang kebalikan itu terjadi menimpa burung murai batu jawa ini, kelangkaan yang sudah mulai dirasakan oleh pecinta burung terhadap sulitnya sudah ditemukan burung ini di peredaran baik di penangkaran burung murai batu, di pasar burung ocehan, maupun di alamnya sendiri yakni hutan dan pegunungan. Sehingga intensitas kepunahan mulai dirasakan murai batu jawa dalam pelestarian yang sangat diperlukan.

Habitat yang hanya bisa dijumpai di pulau jawa merupakan kesulitan yang harus diterima karena padatnya penduduk yang sudah menghuni pulau jawa dari Banten sampai Jawa Timur sehingga hutan yang gundul menjadi penyebab burung ini tidak mendapatkan rumahnya di alam liar. Perlu diharapkan dari pelestarian burung ini oleh penangkar burung ocehan ataupun pecinta burung murai batu dalam tetap membudidayakan burung yang habitatnya sudah tidak nyaman lagi dari semestinya dulu yang masih indah. Sehingga pula juga dari sekitar tujuh jenis murai batu dapat tetap ada keberadaannya dari menghindari kepunahan yang di ambang pintu dari bersama melestarikan dalam penangkaran dan melepaskan beberapa ke habitat aslinya di samping juga bisa efektif untuk bisnis.

Sumber:
http://omkicau.com/2012/11/19/burung-larwo-riwayatmu-kini/
http://birdacholic.blogspot.com/2012/07/habitat-murai-batu.html

satu lagi aksi salah satu legenda si MURAI JAWA


saya menyediakan LARWO di jamin Asli Larwo, bisa bantu kirim ke seluruh p. jawa sepanjang jalur kereta, jika para penghobi/kolektor sekalian berminat bisa menghubungi saya
lewat telfon/sms di 082330446200
atau watsap di 082330446200
pin bb 5fc527a4

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Kuningan/Bakalan Jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Kuningan/Bakalan Jantan dan Betina CUCAK IJO BAKALAN \ KUNINGAN JANATAN – Dalam proses merawat burung kicauan ada beberapa tahapan yang harus di lakukan. Salah satunya yaitu membedakan burung jantan dan betina. Baik itu yang sudah dewasa maupun yang masih anakan. Yang bertujuan agar tidak menyesal saat sudah lama dipelihara ehh burung kita ternyata betina. Karena biasanya burung yang dicari untuk burung kicauan berjenis kelamin jantan, kecuali untuk lovebird burung ini walaupun betina rajin bunyi. Tetapi untuk jenis cucak ijo atau jenis cucak cucakan biasanya burung jantan yang kicaunya lebih bervariasi dan lebih rajin. Sebelum memelihara burung cucak ijo kita harus tau dan bisa membedakan antara jantan dan betina, terutama bagi yang masih bakalan/kuningan cukup sulit. Untuk cucak ijo bakalan\kuningan jantan dan betina yang masih muda memiliki postur tubuh yang sama bentuk kepala yang sangat mirip. Suara kicau nya pun mirip sebab bar

Musim cucak hijau taun ini sudah hampir berahir

slamat sore para pembaca setia tulisan kami di  cucakijobwi.blogspot.com  mohon maaf karna akhir-akhir ini kami jarang update di karenakan kesibukan dan acara2 penulis . Musim cucak hijau di banyuwangi telah rama sejak bulan juli lalu pada bulan ini bisa dikatakan panen raya krna kita akan mudah menjumpai cucak ijo di bedak2 sekitaran alas purwo . Kec tegal dlimo kab. Banyuwangi dengan harga yg berfariatif mulai dri 850.000 untuk bahan hingga 2000.000  untuk yg sudah jinak dan gacor. Dan biasanya musim ini akan berahir bulan Desember namanun di bulan oktober ini cucak hijau mulai sulit di dapat yang mengakibatkan harga kembali meroket anakan kuning (bakalan ) slut di dapat, untuk trotol jantan dah bermunculan, yg topeng jg sulit di temua kata para pemikat. Mau gk mau buat para penghobi yg ngidam cucak ijo alas purwo harus merogoh kocek sdikit lbih banyak jika menginginkan cucak ijo asli alas purwo ini .. facebook          :  toko istana kicau Nama